Statistika: Sekilas tentang Aktuaris

Februari 11, 2014 igsd


Apa itu Aktuaria ?

Aktuaria adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang menerapkan Matematika dan Statistika untuk mengestimasi resiko di dunia bisnis dan keuangan. Seseorang yang memiliki keahlian dalam ilmu aktuaria disebut aktuaris. Tugas seorang aktuaris adalah membantu mencari jalan keluar dalam mengurangi resiko dan dampak keuangannya. Aktuaris membuat suatu rencana penanggulangan resiko masa depan dengan menghitung probabilita kejadian – kejadian masa depan, seperti pensiun, kejadian katastropis (badai, gempa bumi, dll), meninggal dunia, sakit, kecelakaan kendaraan bermotor.

Bagaimana menjadi seorang aktuaris ?

Di Indonesia, terdapat organisasi induk dari para aktuaris, yaitu Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) Jakarta. Untuk dapat menjadi seorang aktuaris harus lulus beberapa mata ujian dai PAI. Terdapat dua tingkatan dalam keanggotaan PAI, yaitu ASAI (Associate of Society of Actuaries of Indonesia) dan FSAI (Fellow of Society of Actuaries of Indonesia). Untuk tingkat ASAI, seorang calon aktuaris harus menempuh mata ujian Matematika Keuangan, Probabilita dan Statistika, Ekonomi, Akuntansi, Metode Statistika, Matematika Aktuaria dan Pemodelan, dan Teori Resiko.

Karir Seorang Aktuaris


Konsultan 

  • Konsultan Aktuaris/Dana Pensiun 
  • Konsultan Asuransi Kesehatan/Jaminan Sosial 


Asuransi

  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa 
  • Asuransi Umum Instansi Pemerintah

Tenaga Aktuaris di Indonesia

Di Indonesia ada 361 lembaga keuangan non bank (LKNB). Untuk tiap LKNB, idealnya memiliki tenaga aktuaris sebanyak lima orang. Tiga orang aktuaris level ajun (ASAI) dan dua aktuaris di level profesional (FSAI). Artinya, perlu 1805 tenaga aktuari untuk masuk di LKNB yang jumlahnya 361 itu. Data dari PAI tahun 2013, tenaga aktuaris yang tersedia baru mencapai 336 orang. Yang terdiri dari 178 aktuaris level profesional dan 158 orang di level ajun (ASAI). Jadi, peluang kerja dari seorang aktuaris, amat sangat terbuka. Apalagi setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan No 53 Tahun 2012 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan. Untuk aktuaris lokal kelas profesional, gajinya berkisar antara Rp50 juta sampai Rp100 juta per bulan. Itu belum termasuk fasilitas tambahan dan bonus.

Ilmu Statistik emang yahuuuddd…Tertarik jadi aktuaris???

Oleh: Iangrea 53


Daftar pustaka :
http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2009869/ingin-gaji-besar-jadilah-aktuaris
http://www.tempo.co/read/news/2013/07/09/090494784/Indonesia-Kekurangan-Ribuan-Aktuaris
http://www.actuarialdegree.com
http://www.aktuaris.org

Beri Komentar